Rawa Pening yang Makin Pening akan Masa Depannya


Rawa Pening sebagai Danau alam yang menjadi sumber kehidupan disekitar dan sepanjang aliran yang dilaluinya. Memiliki fungsi sebagai penyangga ekosistem dan menjadi habitat bagi beranekan ragam mahluk hidup. Rawa Pening adalah salah satu danau yang berperan penting dalam menjaga kesinambungan kehidupan. Seolah tidak tergantikan perannya, sehingga perlu adanya konservasi, tetapi yang terjadi saat ini adalah exploitasi yang terus-menerus. Keluhan adanya goncangan keseimbangan alam seperti; berkurangnya kwalitas dan kwantitas ikan, pendangkalan dan pengurangan luasan danau sudah terjadi dan menjadi ancaman dikedepannya.

Rawa Pening yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang dikelilingi 3 kecamatan, Ambarawa, Tuntang dan Banyubiru. Sekitar 19 sungai bermuara di Rawa Pening dan 1 sungai yang menjadi out put-nya. Debit air yang banyak menjadikan Rawa Pening sebagai irigasi untuk pertanian, pemutar turbin PLN, perikanan dan wisata air. Fungsi Rawa Pening yang sangat vital seolah menjadi jantung kehidupan bagi masyarakat sekitarnya.

Peran penting Rawa Pening sebagai fungsi Ekologi, wisata, pertanian dan ekonomi begitu menjadi andalan, tetapi ada fungsi lain yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai media edukasi. Rawa Pening layaknya laboratorium alam dengan biodiversitas yang cukup tinggi. Plasma Nuftah yang masih terjaga seolah menjadi harta karun yang tak ternilai dari sisi ekologinya. Keanekaragaman hayati bisa menjadi bahan pembelajaran dan menjadi laboratorium alamnya. Tak kalah bagi para penikmat keindahan dan dengan kamera bisa mengabadikan keindahan disetiap sisi-sisinya.

Kondisi Rawa Pening saat ini menjadi fokus keprihatinan terhadap kondisi ekologis yang terguncang akibat ekploitasi yang tidak terkendali. Penangkapan ikan air tawar yang terus menerus mengakibatkan penurunan drastis jumlah tangkapan. Tidak adanya masa rehat pada musim-musim tertentu untuk memberi kesempatan ikan berkembang biak atau tidak adanya penambahan benih ikan. Akibat penangkapan terus menerus terjadi penurunan kwantitas hasil tangkapan.

Guncangan ekologis terlihat jelas seperti adanya booming tanaman Eceng Gondok yang tumbuh tak terkendali. Tanaman air asal Amerika Selatan sepertinya menjadi penguasa Rawa Pening dan mengakibatkan pendangkalan, mengurangi luasan permukaan danau dan menutupi keindahan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengendalikan perkembangbiakan Eceng Gondok, namun belum efektif karena tidak tahu mau diapakan tanaman tersebut dalam jumlah yang besar.

Pemanfaatan Rawa Pening sebagai obyek wisata sepertinya belum difugsikan secara maksimal. Mungkin hanya Wisata Bukit Cinta yang terletak di Kecamatan Banyu Biru yang dijadikan tempat wisata di pinggir Rawa Pening. Obyek wisata air semestinya perlu ditingkatkan dengan penambahan obyek wisata dan pernak-perniknya. Potensi wisata yang besar seperti wisata Mancing, olah raga air atau wana wahana permainan air bisa digali lebih dalam untuk menarik wisatawan.
Pentingnya upaya konservasi untuk menembah umur Danau alam tersebut lewat kesadaran lingkungan harus dilakukan agar terjaga keberadaannya. Kesadaran menjaga lingkungan dari masalah sampah, pengendalian exploitasi, ramah terhadap pemanfaatan sumberdaya alam yang ada bisa dijadikan solusi untuk menjaga kehidupan di Rawa Pening. Kondisi yang terjaga bisa memunculkan sejuta keindahan yang tak ternilai keindahannya.

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. riairwanty said: Salatiga – Wonosobo kan gak jauh mas….hehehehe*klo dari Bandung ya jauuuh banget*

    hahaha…wokeeh dah kalo begitu….

  2. dhave29 said: hehehe…. lupa…kapan lainwaktu deh kesana….

    Salatiga – Wonosobo kan gak jauh mas….hehehehe*klo dari Bandung ya jauuuh banget*

  3. alexamzah said: ayo dhave buat project penelitian untuk konservasi Rawa Pusing ini….

    wokeh Sir ..laksanaken….

  4. riairwanty said: Kapan2 ya main ksana :)Lha kan dulu mas Dhave tinggal di Wonosobo….blm pernah ke sana po ???

    hehehe…. lupa…kapan lainwaktu deh kesana….

  5. harataya said: nice info….TFS, Mas Dhanang…

    sama-sama mBa Dyan…saya tunggu disini….

  6. dhave29 said: Waduh..coba deh sekali kali ke rawa peningwah boleh ntuh….tak kesana kapan-kapan….

    ayo dhave buat project penelitian untuk konservasi Rawa Pusing ini….

  7. dhave29 said: Waduh..coba deh sekali kali ke rawa peningwah boleh ntuh….tak kesana kapan-kapan….

    Kapan2 ya main ksana :)Lha kan dulu mas Dhave tinggal di Wonosobo….blm pernah ke sana po ???

  8. havitdema said: semangkin pening…..,semangkin indah poto2 nya.

    nice info….TFS, Mas Dhanang…

  9. havitdema said: semangkin pening…..,semangkin indah poto2 nya.

    Hahaha bener juga Om…dan akan tetap pening…..

  10. udelpot said: poto2nya poto sejuta umat semuaaaaaaa.. wakakakaka.. *langsung kabur!

    semangkin pening…..,semangkin indah poto2 nya.

  11. udelpot said: poto2nya poto sejuta umat semuaaaaaaa.. wakakakaka.. *langsung kabur!

    kan cuma potonya…. hahaha….”kabur kemana….udah banyak yang ngepung buat lempar telor ama tepong”

  12. riairwanty said: Blum pernah ke Rawa Pening euy…..Pernahnya ke Telaga Menjer di Wonosobo 🙂

    poto2nya poto sejuta umat semuaaaaaaa.. wakakakaka.. *langsung kabur!

  13. riairwanty said: Blum pernah ke Rawa Pening euy…..Pernahnya ke Telaga Menjer di Wonosobo 🙂

    Waduh..coba deh sekali kali ke rawa peningwah boleh ntuh….tak kesana kapan-kapan….

  14. smallnote said: Rawa Pening yang membuat kita semakin pening memikirkan nasib bangsa ini

    Sama-sama pening…Sist….

  15. alexandraprisnadiani said: Lho omnya ga kerja lg to?

    Blum pernah ke Rawa Pening euy…..Pernahnya ke Telaga Menjer di Wonosobo 🙂

  16. alexandraprisnadiani said: Lho omnya ga kerja lg to?

    Rawa Pening yang membuat kita semakin pening memikirkan nasib bangsa ini

  17. alexandraprisnadiani said: Lho omnya ga kerja lg to?

    tetep kerja, beda atas saja mBak,.,,,,,doakan sukses….

  18. yswitopr said: lho… kamsudnya gimana kuwi?

    mundur dari kuli pengulian di gedung beton…mau lanjut sekolah Mo,,,besok senin dah masuk….

  19. dhave29 said: dadi mahasiswa……hahahaha

    Lho omnya ga kerja lg to?

  20. dhave29 said: dadi mahasiswa……hahahaha

    lho… kamsudnya gimana kuwi?

  21. savikovic said: waaaah rawa pening, dah luamaaa banget ga mampir

    ayo sini…saya tunggu kedatangannya….

  22. orangjava said: Iwake cilik2 yoooo

    Variasi….ukuran dan jenisnyayang pasti musti gede kesabaranya dalam menunggu kail disambar…..

  23. dhave29 said: Bisa mBah,,,,jangan harap dapat sak lengen…. ada ikan nyantol aja udah luar biasa haha”ikan apes atau ikan kelaparan”

    waaaah rawa pening, dah luamaaa banget ga mampir

  24. dhave29 said: Bisa mBah,,,,jangan harap dapat sak lengen…. ada ikan nyantol aja udah luar biasa haha”ikan apes atau ikan kelaparan”

    Iwake cilik2 yoooo

  25. orangjava said: Iso mancing??

    Bisa mBah,,,,jangan harap dapat sak lengen…. ada ikan nyantol aja udah luar biasa haha”ikan apes atau ikan kelaparan”

  26. yswitopr said: libur tho?sik asyikkkkkkkkkkkk….

    dadi mahasiswa……hahahaha

  27. yswitopr said: hoiiiii…kapan aku dikancani mrene?hehehhehe…

    Iso mancing??

  28. yswitopr said: hoiiiii…kapan aku dikancani mrene?hehehhehe…

    libur tho?sik asyikkkkkkkkkkkk….

  29. yswitopr said: hoiiiii…kapan aku dikancani mrene?hehehhehe…

    Mulai senin besok syap selalu mengantar Mo…Kontak saja saya dan Andi syaap…

  30. hoiiiii…kapan aku dikancani mrene?hehehhehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Goblog Bersama Festival Lima Gunung ke-16

  Sebuah gapura bertuliskan Pakis Kidul beberapa kali kami lewati hanya untuk mencari arah dusun Gejayan. Beberapa orang yang saya tanya juga tidak memberikan petunjuk ...