Maling oh Maling.. Aku Tatap Wajahmu Tanpa Curiga

Ni pagi kost-kostan gempar, dari pak kos, bu kos ampe anak-anak kost kelimpungan. Gara-garanya ada maling masuk dan alhasil bisa menggondol 1 laptop, 1 dompet dan 2 ponsel. Saya berpikir ini bukan maling sembarang maling, tetapi sudah terlatih dan berpengalaman dibidangnya. Kerja yang rapi, tanpa menimbulkan kecurigaan, kepanikan ataupun tanda-tanda kalao dia maling. Lebih herannya lagi, anak-anak kost biasanya menjadi binatang malam, kali ini seolah jadi babi yang ngorok, bahkan pak Kost yang melek tiap malam mlungker pulas.

Sekitar jam 2.30 tiba-tiba saya terjaga, kamarku ada yang buka. Saya mikir, siapa malam-malam gini berani-beraninya buka kamar, kecuali adik saya tak ada yang berani. Lantas saya keluar, menuju kamar mandi buat buang air kecil. Sepintas saya melihat ruang tamu dan Tv pak kos masih menyala sambil lihat empunya yang mlungker. Keluar dari toilet, tiba-tiba ada laki-laki menghampiri saya. Kaget juga, ada orang tak dikenal dihalaman kost. Burung tekukur yang tadinya diam, berkicau dan seperti panik, begitu juga yang lain. Seperti ada yang aneh.

Mas pinjam korek ada, tadi saya mau pinjam, eh bapaknya tidur, buat benerin motor, tanya lelaki itu. Wah, saya ngga ngrokok, jadi gak punya korek, tak kasih senter saja saya ada, jawabku. Ngga kok, saya pinjam korek, sanggah lelaki itu. Lantas saya masuk ke kamar adik yang disamping kamar saya. Didalam adik sedang mlungker ama temene, lalu lampu aku nyalakan dan korek saya ambil trus tak kasih. Otak ini curiga juga, lantas ngikuti lelaki itu ampe depan garasi kendaraan. Motor adik dan temannya masih terparkir, tapi motor pak kost tidak ada. Otak ini masih saja curiga, tapi coba positif thinking aja, niat saya nolong.

Lalu saya masuk kamar, buka ponsel lipat, OL bentar sambil buka kompasiana, dan fesbuk kebetulan ada temen yang ultah. Ol sambil tiduran dilantai, karena hp masih nyantol dicharger. Makasih Bro, terdengar suara dari luar, sepertinya naruh korek dibibir jendela kamar adik, oke iyaa..iyaaa jawab saya dari kamar. Saya lihat, ponsel jam 2.39 waktu itu dan otak ini masih saja gak tenang. Lantas keluar, korek gas tadi saya ambil, dan saya pegang ujungnya, sapa tau bisa jadi barang bukti sidik jari kalo ada apa-apa. Yah hanya berjaga-jaga saja.

Kembali ketempat tidur, masih saja kepikiran orang tadi. Saya curiga, masak jam segini pinjam korek, trus tau pak kos tidur, berarti dia sudah masuk rumah. Otak ini muter lagi, jangan-jangan gondol motor pak kost juga. Pikiran yang tidak-tidak, akhirnya jam 4.30 belum juga bisa tertidur sampai terdengar alarm. Biasanya jam segitu bangun buat persiapan lari pagi dan jam 5 alarm berbunyi bertanda harus otw lari pagi. Karena kemarin sore sudah lari dan kaki masih pegal, maka lari saya urungkan.

Jam 5.30 kamar terbuka, dan adik masuk sambil bertanya. Mas laptopmu mana..?, dengan kaki saya menunjuk, ntuh didalam tas, jawab saya. Dia kembali tanya, Mas ambil laptopku ndak?, saya jawab, ndak saya cuma ambil korek, sebab tadi pagi ada yang minjem korek, ntuh aku taruh dijendela kamar. Lantas, dia berkata, Mas laptopku ilang ama 2 hp teman, sepintas tak percaya lalu kekamarnya dan memang sudah raib. Laptop diatas cool pad, dengan kabel masih tersambung dengan charger, sound speaker, flashdisk, dan monitor sudah terurai. 2 Hp temen yang waktu itu tidur sambil dikeloni juga raib.

Aneh bin ajaib, dan hebat malingnya bisa menggasak tanpa tuan rumahnya tau. Lalu sedikit histeris, dompet adik berisi uang 2 ribu, stnk, katp, sim, ktm dsb juga raib. Lantas saya cek isi kamar saya juga, dan tak ada yang hilang. Andaikata maling jeli, gaet tas ransel item saya, dijamin saya langsung pingsan. Didalam tas ntuh ada 2 dslr, 2 lensa, 1 flash, laptop dan pernak-pernik fotografi. Dan aneh, biasanya jam 5 semua sudah pada keluar, kali ini seperti tidur pulas. Pak kost biasanya jam 5-6 sudah dinas kantor, entah mengapa baru melek setelah semuanya heboh.

Maling oh maling, emang saya tidak bisa menuduh langsung mas-mas yang pinjam korek tadi sebagai pelakunya. Tak ada bukti yang menguatkan dia sebagai maling, tetapi aneh juga dengan ketenangannya dia seolah tak asing dengan kamar kost dan rumah tuan kost. Dengan pede buka kamar saya, dan tak sungkan masuk rumah tuan kost, aneh lagi seolah sudah akrab dengan manggil bro, mas. Bayanging jam 2.30 ada mas-mas dateng pinjem korek, buat betulin motor, dan dikasih senter gak mau. Namun semua tetap harus disyukuri sebagai salah satu babak drama kehidupan, agar lebih berhati-hati dan waspada. Kiranya bisa berbagi dan saling mengingatkan. Waspadalah..waspadalah, kejahatan timbul bukan hanya dari niat, tetapi juga ada kesempatan..waspadalah.

salam

DhaVe

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. slamsr said: wow.. malingnya keren… punya ajian sirep..iyah, di uNNEs dan undip belakangan ini sering terjadi kemalingandigunungpati juga, memang harus waspada juga *ngingetin diri sendiri juga*

    selalu waspada mas,,,

  2. laurentiadewi said: He eh, hehe! Padahal prajuridnya banyak, penjagaan berlapis. Tapi mahkota dan lambang negara tetap berhasil dicuri. Waktu baca, kepikir: keren malingnya, kepikir pake sirep (daripada bacok2an ama bhayangkara). Tapi abis baca ceritamu, mikirnya laen. Bahaya nih, ternyata ilmunya masih kepake! Wekekekekkk (dan subuhnya, kok ya pas ada maling didepan rumah T_T)

    wow.. malingnya keren… punya ajian sirep..iyah, di uNNEs dan undip belakangan ini sering terjadi kemalingandigunungpati juga, memang harus waspada juga *ngingetin diri sendiri juga*

  3. laurentiadewi said: He eh, hehe! Padahal prajuridnya banyak, penjagaan berlapis. Tapi mahkota dan lambang negara tetap berhasil dicuri. Waktu baca, kepikir: keren malingnya, kepikir pake sirep (daripada bacok2an ama bhayangkara). Tapi abis baca ceritamu, mikirnya laen. Bahaya nih, ternyata ilmunya masih kepake! Wekekekekkk (dan subuhnya, kok ya pas ada maling didepan rumah T_T)

    iyah…. warisan leluhur.. tapi kok ya buat maling…toh yoooo

  4. sulisyk said: la data2 sing ning lappie amblas, nek ga duwe back up opo ra klenger, malinge edan tenan kui, feelingku kos2an sudah di “gambar” cukup lama sama malingnya, waspadalah waspadalah….

    ludeees semua hehehehe 😀

  5. laurentiadewi said: Kejadian seperti ini pernah terjadi (2x) dalam sejarah kerajaan mojopahit..

    He eh, hehe! Padahal prajuridnya banyak, penjagaan berlapis. Tapi mahkota dan lambang negara tetap berhasil dicuri. Waktu baca, kepikir: keren malingnya, kepikir pake sirep (daripada bacok2an ama bhayangkara). Tapi abis baca ceritamu, mikirnya laen. Bahaya nih, ternyata ilmunya masih kepake! Wekekekekkk (dan subuhnya, kok ya pas ada maling didepan rumah T_T)

  6. laurentiadewi said: Kejadian seperti ini pernah terjadi (2x) dalam sejarah kerajaan mojopahit..

    la data2 sing ning lappie amblas, nek ga duwe back up opo ra klenger, malinge edan tenan kui, feelingku kos2an sudah di “gambar” cukup lama sama malingnya, waspadalah waspadalah….

  7. laurentiadewi said: Kejadian seperti ini pernah terjadi (2x) dalam sejarah kerajaan mojopahit..

    mojopait aja sampe kecurian…. hehehhe

  8. alexamzah said: durut berbela sungkawa atas laptop dan Hp-nya.. semoga ndak ada data skripsi didalamnya… 🙂

    data itu Cak….data…skripsi dan tugas akhir semester…. plus foto-foto yang jauh lebiih mahal dari laptop….terima dan syukuri sajah

  9. johaneskris said: walah… aji sirep megananda….

    Kejadian seperti ini pernah terjadi (2x) dalam sejarah kerajaan mojopahit..

  10. johaneskris said: walah… aji sirep megananda….

    durut berbela sungkawa atas laptop dan Hp-nya.. semoga ndak ada data skripsi didalamnya… 🙂

  11. johaneskris said: walah… aji sirep megananda….

    mungkin Mas…sama semar goyang

  12. brotherihda said: iya lain kali dikunci aja, banyak kasus kecurian karena waktu tidur gak dikunci. Tap aneh juga sih ya klo ada temn nginep tapi dikunci,hehe..

    nah itulah masalahnya Mas,,,,oke dah buat pelajaran semua

  13. rirhikyu said: itu yg kumaksud, sirep

    sepertinya itu Sist….”semalam Tuhan menjawab doaku”bodohnya aku..lupa pesen “jagai juga teman2ku”

  14. duabadai said: mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

    wah… tas kamera sudah masuk brankas,,,,, yups,,, mungkin, pantesan semalam gelisah sajah,,,,,thanks Brow

  15. duabadai said: mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

    walah… aji sirep megananda….

  16. duabadai said: mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

    iya lain kali dikunci aja, banyak kasus kecurian karena waktu tidur gak dikunci. Tap aneh juga sih ya klo ada temn nginep tapi dikunci,hehe..

  17. duabadai said: mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

    salah2 itu maling pakek ilmu sirep , sering dengar di jawa maling2 tuh pake ilmu kayak bgtu spaya yg dimalingi pada tidur..

  18. duabadai said: mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

    itu yg kumaksud, sirep

  19. mmamir38 said: Kok bisa-bisanya kagak curiga liat orang asing masuk rumah!

    mungkin malingnya pake ilmu sirep, sayangnya gak mempan sama mas bro ;pbtw itu tolong dijaga baik2 tas kameranya, pakein gembok aja kalo bisa.. separuh nyawa tuh..

  20. mmamir38 said: Kok bisa-bisanya kagak curiga liat orang asing masuk rumah!

    ituloh Om ,,saking welkomnya sampai gak curiga,emang ada praduga tak bersalah dan curiga… tapi coba positif thinking sajah, akhirnya positif kemalingan kok Om

  21. m4s0k3 said: pertama saya kehilangan PC. kedua saya kehilangan hape dan laptop. gara-gara temen sekosan gak ngunci pintu kosan pas saya lagi nyuci di kamar mandi. bener-bener deh kalo tinggal sekosan sama orang cuek bakalan berat, mas. huhuhu

    yups… sangat mengerikan ya Mas,,,,, isinya itu loh yang bakin nangis

  22. dhave29 said: yeah… apalagi barang paling berharga saat bermahasiswa…..

    Kok bisa-bisanya kagak curiga liat orang asing masuk rumah!

  23. dhave29 said: yeah… apalagi barang paling berharga saat bermahasiswa…..

    pertama saya kehilangan PC. kedua saya kehilangan hape dan laptop. gara-gara temen sekosan gak ngunci pintu kosan pas saya lagi nyuci di kamar mandi. bener-bener deh kalo tinggal sekosan sama orang cuek bakalan berat, mas. huhuhu

  24. mahasiswidudul said: Ya ampuuuuuuunnnn… ckckckckckkk… kok bisaaaaaaaaa?? *melongo*

    itu yang gak terpikir,,,kok bisa hehehehkeajaiban dunia mba

  25. fitrialayrachel said: Kalo malingnya blogger jua, trus baca blognya mas dhan yg ini, besok2 dia ngincer tas item mas dhan ntuh hehe…. be careful :p

    tas item langsung tak amanin kok……sepedaku ndak ke angkut.,,,aman dahsemoga bukan warga MP..bikin malu sajah

  26. sukmakutersenyum said: ya ampuunnmestinya klo ada penghuni kos baru dikenalin seluruh penghuni yaa, jd supaya penghuni bisa tau seluruh org di kos… 🙁

    Sudah saling tahun dan kenal…. tadi orang asing yang sok kenal,,,hehehhe

  27. dkdewi said: ck..ck..ck..moga satu saat dia ketangkep deeh..ampun deh..

    sadar mba dan mau kembaliin ntuh barang berharga buat mahasiswa hehehhe

  28. rembulanku said: ya ampuuunmas Ason mesti tenger2…kanggo pengalamanyen wengi di kunci kabeh

    langsung kringet adem nie orange hehehheheyoa… di borgol lawange

  29. rengganiez said: Emang gak dikunci pagar? Eh ak mah jam segitu ada orang asing nyelonong bawaannya curiga..tp kost2an sih ya..

    nah itu masalahnya…. lolos… saya perhatikan pintu pagar dan tembok terbuka…yah human eror kali inilewat dah Mba

  30. rirhikyu said: waduhhhhhjangan2 dia beneran deh yg pinjem korekpunya ilmu?

    Tidak tahu Sist,,,hanya dia yang berkeliaran malam itu,,,ilmu permalingan…malinglogi kali yah?

  31. m4s0k3 said: jadi inget dulu waktu ngekos pernah dua kali kemalingan. emang bikin gondok nih maling..

    yeah… apalagi barang paling berharga saat bermahasiswa…..

  32. smallnote said: Sabar dan tetap waspada, Mas.

    Ya ampuuuuuuunnnn… ckckckckckkk… kok bisaaaaaaaaa?? *melongo*

  33. smallnote said: Sabar dan tetap waspada, Mas.

    pelajaran berharga dari maling Sist,,,,

  34. siasetia said: limonnnnnn

    apaan iku mBa..? jeruk limon?

  35. siasetia said: mas dhave koq bisa maling ke kamar apa ga pernah kunci kamar?…aduh aduh..semoga maling sadar, klo ga sadar2 semoga apes jadi ayam tulang lunak atau kremes ..amiin

    Nah saking opennya, emang gak pernah d kunci, kita welcome siapa saja. Ini dah akibatnya, hebatnya lagi ada 2 manusia tidur gak tau kalo di masukin maling dan mreteli laptop hahahahaa

  36. bambangpriantono said: Hehehehee..Trik tradisional

    Kalo malingnya blogger jua, trus baca blognya mas dhan yg ini, besok2 dia ngincer tas item mas dhan ntuh hehe…. be careful :p

  37. bambangpriantono said: Hehehehee..Trik tradisional

    jaran goyang apa wedus ngepet ya Cak

  38. siasetia said: trik dengan asap rokok mas dibuat bingung…

    haha…mabuk kepayang…habis dari polres nie hehehe

  39. siasetia said: satu = bukan maling

    kasih toren dah,,,,,ampe penuh

  40. ya ampuunnmestinya klo ada penghuni kos baru dikenalin seluruh penghuni yaa, jd supaya penghuni bisa tau seluruh org di kos… 🙁

  41. ck..ck..ck..moga satu saat dia ketangkep deeh..ampun deh..

  42. ya ampuuunmas Ason mesti tenger2…kanggo pengalamanyen wengi di kunci kabeh

  43. Emang gak dikunci pagar? Eh ak mah jam segitu ada orang asing nyelonong bawaannya curiga..tp kost2an sih ya..

  44. waduhhhhhjangan2 dia beneran deh yg pinjem korekpunya ilmu?

  45. jadi inget dulu waktu ngekos pernah dua kali kemalingan. emang bikin gondok nih maling..

  46. Sabar dan tetap waspada, Mas.

  47. mas dhave koq bisa maling ke kamar apa ga pernah kunci kamar?…aduh aduh..semoga maling sadar, klo ga sadar2 semoga apes jadi ayam tulang lunak atau kremes ..amiin

  48. trik dengan asap rokok mas dibuat bingung…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kisah Pilu di Laut Indramayu

Masa kritis itu akhirnya lewat juga, masa dimana isi lambung sudah tidak ada lagi dan tidak mungkin untuk muntah. Guncangan ombak yang semula membuat kepala ...